PERCOBAAN 7
Membuat Drone Burung menggunakan aplikasi 3D MAX
1.
Tujuan : Agar Bamasis mampu membuat Robot burung menggunakan Aplikasi 3D
MAX
2.
Alat dan bahan :
a. Laptop
b. 3D
MAX
c.
cylinder
d.
Tool Geosphere
e.Tool
Line
3. Teori
a.
cylinder
Dalam
konteks aplikasi 3ds Max, istilah "silinder" merujuk pada salah satu
bentuk geometri dasar yang dapat Anda gunakan dalam pembuatan objek 3D. Silinder adalah objek tiga dimensi yang terdiri dari dua
lingkaran paralel (atas dan bawah) yang terhubung oleh permukaan tabung.
Dalam
proses pembuatan objek 3D di 3ds Max, Anda dapat membuat silinder dengan
menggunakan alat "Cylinder" atau "Tube" yang tersedia di
dalam perangkat lunak tersebut. Beberapa
parameter yang dapat Anda atur saat membuat silinder melibatkan tinggi
silinder, diameter lingkaran atas dan bawah, jumlah segmen pada lingkaran, dan
sebagainya.
b.
Tool Geosphere
"Geosphere" adalah salah satu alat atau objek
geometri dasar yang dapat digunakan untuk membuat bentuk bola yang terdiri dari
banyak segmen dan titik kontrol. Geosphere adalah objek matematis yang
merepresentasikan bola yang dibagi-bagi menjadi beberapa segmen dan cincin,
sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat bentuk bola yang lebih kompleks
dengan mudah.
Ketika Anda membuat Geosphere di 3ds Max, Anda dapat
mengatur berbagai parameter, seperti jumlah segmen (meridians dan parallels),
radius, dan tingkat subdivisi. Subdivisi memungkinkan Anda untuk memecah
permukaan bola menjadi lebih banyak segmen, sehingga meningkatkan level detail
geometris.
c.
Tool Line
Dalam aplikasi 3ds Max, alat "Line" adalah
salah satu alat dasar yang digunakan untuk membuat objek garis atau lintasan.
Alat ini memungkinkan Anda untuk membuat garis atau kurva dengan menentukan
titik-titik kontrol secara berurutan.
4. Langkah-langkah Percobaan
a. flowchart
5. Hasil dan Pembahasan
a. Hasil
b. Pembahaan
pada percobaan diatas rangka burung dibuat
dengan menggabungkan komponen komponen Dalam menciptakan robot burung
menggunakan aplikasi 3ds Max, langkah pertama adalah membuat tubuhnya
menggunakan alat Cylinder. Pilih Cylinder dari panel Create, seret di viewport,
dan tentukan parameter seperti tinggi, radius atas, dan radius bawah untuk
membentuk tubuh sesuai desain yang diinginkan. Selanjutnya, tambahkan elemen
kepala dengan alat Geosphere. Pilih Geosphere, seret di viewport, dan atur
radius serta subdivisi untuk mencapai bentuk kepala yang diinginkan. Untuk menambahkan detail seperti sayap dan kaki, gunakan
alat Line. Pilih Line dari panel Create, klik di viewport untuk menentukan
titik-titik kontrol, dan sesuaikan bentuk sayap dan kaki sesuai dengan estetika
robot burung yang diinginkan. Gabungkan semua elemen menggunakan alat Attach
atau Group, lalu modifikasi bentuk dan propertinya menggunakan alat Modify
seperti Editable Poly.
Setelah struktur dasar terbentuk, berikan tekstur dan
material pada robot burung. Pilih objek yang ingin diberi tekstur, lalu atur
material dan tekstur menggunakan alat Material Editor. Jika diinginkan,
tambahkan animasi dengan alat animasi seperti keyframe atau path animation
untuk memberikan kesan gerakan pada robot burung. Lakukan penyesuaian terakhir
pada properti dan posisi elemen-elemen robot, atur pencahayaan dan kamera, dan
terakhir lakukan rendering untuk menghasilkan gambar atau animasi final. Dengan
mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menciptakan robot burung yang kreatif
dan sesuai dengan visi desain Anda, memanfaatkan alat Cylinder, Geosphere, dan
Line dalam aplikasi 3ds Max.
6.
Kesimpulan
Dalam proses pembuatan robot burung menggunakan aplikasi
3ds Max, terlihat bahwa kreativitas dan keahlian teknis memainkan peran kunci.
Desainer dapat memanfaatkan berbagai alat, seperti Line untuk struktur tubuh,
Geosphere untuk bagian kepala atau mata, dan alat lainnya, untuk membentuk
model yang kompleks dan terperinci. Animasi dan pergerakan dapat diterapkan
menggunakan fitur-fitur seperti keyframe dan path following, memberikan kesan
kehidupan pada desain. Penerapan tekstur dan material memperkaya tampilan
model, meningkatkan realisme. Kesesuaian dengan kebutuhan proyek dan integrasi
yang lancar dengan proyek lebih besar memberikan fleksibilitas kepada desainer.
Proses ini tidak hanya menciptakan model yang visualnya menarik, tetapi juga
memberikan kemungkinan pengembangan dan modifikasi yang memungkinkan desainer
untuk mencapai hasil optimal sesuai dengan tujuan proyek. Keseluruhan,
pembuatan robot burung dalam 3ds Max adalah perpaduan harmonis antara
kreativitas dan fungsionalitas, menghasilkan hasil akhir yang dapat diterapkan
dalam berbagai konteks, seperti animasi, simulasi, atau presentasi visual.




0 komentar:
Posting Komentar